PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
PROGRAM KEWIRAUSAHAAN BAGI ALUMNI GIZI DAN REMAJA DI DUSUN BUNDER, DESA AMPELDENTO, KEC. KARANGPLOSO MELALUI PRODUK OLAHAN BAHAN LOKAL UNTUK MENCEGAH STUNTING DI KABUPATEN MALANG TAHUN 2022

By Admin prodi 15 Agu 2023, 13:52:32 WIB Berita Pilihan

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

PROGRAM KEWIRAUSAHAAN BAGI ALUMNI GIZI DAN REMAJA DI DUSUN BUNDER, DESA AMPELDENTO, KEC. KARANGPLOSO MELALUI PRODUK OLAHAN BAHAN LOKAL UNTUK MENCEGAH STUNTING DI KABUPATEN MALANG TAHUN 2022

 

Pengabdian masyarkat program Pengembangan kewirausahaan pada alumni gizi penting dilakukan, alumni telah memahami ttg divertifikas/enrichment pangan lokal berbasis kelor, singkong, pisang dan bahan pangan local.

Sehingga mereka mampu --- produk makanan jajanan yang sehat dan bergizi sebagai kudapan sehat yang bermanfaat untuk balita maupun ibu hamil.

Daerah sasaran yang digunakan sebagai lokasi pelaksanaan program adalah Dusun Kasin, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, karena berdasarkan wawancara mendalam dengan masyarakat setempat (warga masyarakat) menyatakan bahwa daun kelor, singkong dan pisang mudah didapat, tetapi produk pangan lokal tersebut belum banyak dimanfaatkan.

Masyarakat setempat terutama remaja putri di wilayah tersebut belum pernah mendapatkan informasi terkait produk inovasi hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen dan alumni jurusan gizi.

A. Persiapan Program Pengabdian Masyakat Skema Pengembangan Kewirausahaan

 

             Pada project Kerjasama ini RBA berperan dalam menyediakan relawan yang membantu menghubungkan tim pengabdi dengan para pemuda pemudi di TBM Kampung Zentana yang juga merupakan wilayah binaan dari RBA.

 

  

           

Penyerahan MoU Dan MoA

 

 

Peninjauan Lokasi Tempat Workshop Dilaksanakan

 

 1. Proses Perekrutan Peserta PPK 2022

Dalam melakukan kegiatan terprogram ini, tim pengabdian masyarakat melakukan rapat persiapan dan hasil rapat tersebut menghasilkan kesimpulan tentang perekrutan para peserta PPK 2022. Peserta terbanyak adalah alumni Poltekkes Kemenkes Malang, direktur dengan cara menyebarkan flyer yang memberikan informasi terkait kegiatan workshop terprogram.

                                                

Flyer Kegiatan Workshop Terprogram PPK 2022

Peserta memiliki ide kreatif dalam hal mendesain produk, hingga pengemasan. Materi tentang  Sehingga telah dihasilkan 13 produk dari 13 proposal yang masuk ke tim pengabdian masyarakat.

Jenis Produk Yang Telah Dihasilkan Peserta PPK 2022

Stik Daun Kelor

Telasin Ampel Dento

Krupuk samiler kelor

Cereal Tempe Ubi Jalar

Dimsum Daun Kelor

Rengginang Beras Merah

Sus Kering Daun Kelor

Muffin Pepaya

Pempek Tepung Mocaf

Nugget Ayam Tempe

Nugget Ayam Tempe

The Juices

A.    PROSES INISIASI : MENINGKATAN KETRAMPILAN MANAJEMEN USAHA BAGI  PESERTA PPK 2022

Materi Workshop dan Kegiatan Program PPK 2022

Workshop Program Pengembangan Kewirausahaan dimulai tanggal 22 Mei 2022 di Gedung PKK Dusun Bunder, Kel. Ampel Dento;

Materi pertama : Motivasi dan Ide kreatif Bisnis Bidang Gizi yang disampaikan bapak Doddy Riyadi.

DOKUMENTASI KEGIATAN WORKSHOP MINGGU PERTAMA

Peserta dan Tim Pengabmas PPK 2022

Diskusi Setelah Tentang Proposal Bisnis

Penyampaian Materi oleh Bapak Dosik

Penyampaian Materi oleh Ibu Fifi 

 

Materi  workshop di minggu ke II yaitu Mindset Bisnis sampai launching produk siap dipasarkan serta penggunaan teknologi digital dalam pemasaran produk.

DOKUMENTASI KEGIATAN WORKSHOP MINGGU KE DUA

Peserta Workshop Minggu ke 2

Bapak Wily Adiwiguna, SE Praktisi Bisnis

Bapak Fredy Estofani owner Gizinesia

Ibu Carisa Cerdasari SGz. MPH Dosen Jurzima

3) Kegiatan Workshop minggu ke 3 dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Sertifikat Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Olahan Industri Rumah Tangga oleh Bu Reny Wahyu Pramesti S.Gz. dan materi tentang Food Photography oleh Kak Okky Bhaskara S.Tp. serta praktik foto produk menggunakan smartphone. Salah satu peserta  Afif Tantri selaku peserta workshop, memberikan pendapatnya  "Banyak ilmu baru yang didapat, relasi bertambah, dan pengalaman bertambah".  Peseta dari Dusun Bunder, Galang mengucapkan .’Terima kasih kepada seluruh relawan RBA, alumni dari Polkesma, para remaja di Desa Ampeldento, para narasumber, serta seluruh panitia yang terlibat.

DOKUMENTASI KEGIATAN WORKSHOP MINGGU KE TIGA

 

 

Menciptakan wirausaha baru di Dusun Kasin, Desa Ampeldento Kecamatan Karangploso, Kab. Malang

Workshop minggu pertama hingga ke tiga di akhiri dengan memberikan bantuan alat produksi kepada para peserta. Dengan adanya Program PPK 2022 yang bertujuan menghasilkan wirausaah muda, khususnya nutripreneur berkelanjutan yang didukung oleh kemampuan para alumni dan remaja Dusun Bunder Kampung Zentana, Kel. Ampeldento, Kec. Karangplosa.

a.  Luaran Yang Telah Dicapai

Adapun luaran kegiatan Pengabdian Masyarakat skema Program Pengembangan Kewirausahaan tahun 2022 antara lain :

1.    Artikel ilmiah yang akan dimuat pada Jurnal Nasional Terakreeditasi Sinta 3 : Jurnal Masyarakat Mandiri ; masuk bulan Oktober 2022, prediksi di publish bulan Desember 2022.

2. Buku Referensi ber ISBN dengan judul MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA MELALLUI PENGEMBANGAN PRODUK PANGAN; ber ISBN no.978-623-5913-01-8

 

 

 



 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment